Rabu, 09 Juni 2010

pidato

PEMIKIRAN ISLAM DALAM PERSAUDARAAN KEMANUSIAAN

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

: الحمد لله رب العالمين وبه نستعين على امور الدنيا والصلاة والسلام على اشراف الانبياء والمرسلين وعلي اله وصحبه اجمعين اما بعد فقال الله تعالى في كتابه الكريم اعود بالله من الشيطان الرجيم قالو سبحانك لا علم لنا الا ماعلمتنا انك انت العليم الحكيم الأيه.

Penghormatan

Puji syukur

Sholawat Salam

Saudara kaum muslimin yang berbahagia

Telah kita ketahui bahwa semua agama menganjurkan persaudaraan khususnya agama

islam yang telah disebut dalam kitab-Nya yang mulia

بسم الله الرحمن الرحيم يأيها الناس ......

Ajaran islam yang universal tersbutkan dalam ayat ini,maka islam membenci terhadap perbedaan jenis (perbedaan kelas),derajat,warna kulit,dan tempat tinggal.Dan juga Al-Qur’an telah menyebutkan:

ولقد كرمنا بنى ءادم ( الأية )

Untuk itu Nabi Muhammad SAW.telah menekankan untuk mewujudkan persatuan kesatuan diantara manusia aplagi Allah dan Rasul-Nya telah menekankan untuk memberika hak-hak bertetangga kepada tetangga yang lain tanpa memandang dasar-dasar agama dan pertimbangan-pertimbangan yang lain.Bahkan di sana ada hadis-hadis yang lain yang menganjurkan kita untuk mempergauli tetangga dengan pergaulan yang baik dan itu berarti mencakup non muslim.Ajaran islamyang mulia ini tidaklah sekedar kata-kata yang diucapkan,tetapi pebuatan dan kenyatan yang perlu diyaqini.Dan tak perlu lagi bahwa Nabi Muhammad SAW.talah berniga kepada orang-orang kafir yang selalu menentang kepadanya di Negera Mekkah dangan dasar perdamaian,saling menghormati,dan saling memuliakan sebagaimana pemberian hak-hak bagi mereka didalam pergaulan yang baik dan pertemuan serta perkumpulan yang memiliki rasa kesamaan.Islam sangat menghormati perbedaan kulit,lidah (bahasa), keturunan dan pengalaman bahkan didalam keyaqinan.Dan atas dasar kemanusiaan persaudaraan seluruh umat islam di dunia ini menjadi anggota umat yang satu yaitu umat islam .Atas dasar itu semua umat islam disatukan oleh ikatan keras yang umum,latar belakang yang umum.Dan keblikan itu semua islam mrmbenci setiap usaha yang memecah belah persatuan dan ikatan umat dalam kelompok yang banyak baik dalam keyaqinan maupun kebangsaan.

Hadirin dan hadirot yang berbahagia

Saya cukupkan sekian pidato bahasa indonesia ini,dan saya berharap semoga kita semua mendapatkan ridlo Allah dan ,sebelum saya turun dari mimbar ini saya ingin membacakan sebuah sya’ir dari Sayyidina ‘Ali وكن واثقا بالله ,saya ucapkan dengan kata-kata ini, saya berwasiat kepada anda dan kepaada diri saya sendiri dengan taqwallah dan dari Allah-lah taufiq dan hidayah.Sekian dari saya,ada kurang lebihnya mohon maaf yang sebesar-besarnya

والسّلام عليكم ورحمة الله وبركاته

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله رب العالمين مالك يوم الدين خالق كل شيئ فى العالم لاشريك له والصلاة والسلام على أشرف المرسلين سيدنا محمد وعلى اله

وصحبه ومن تبعهم الذين جاهدوا لإعلاء دين الله الإسلام

Penghormatan

Puji syukur

Sholawat Salam

Dengan nama Allah Yang Maha pengasih lagi Maha Penyayang. Segala Puji Bagi Allah , Tuhan Semesta Alam, Penguasa hari Akhirat, Pencpta sgala sesuatu di jagat raya ini. Dia tidak memiliki syarikat.

Shalawat dan salam semoga tetap atas junjungan rasul Muhammad SAW, ahli bait, dan para shahabat beliau, serta para pengikut-pengikut beliau yang berjuang dalam agama Allah, Islam.

Sebelumya, saya ucapkan terima kasih kepada saudara protocol yang telah memberikan kesempatan

yang baik bagi saya untuk berbicara di atas podium ini di hadapan saudara-saudara sekalian !

Allah berfirman dalam kitab suci Al-Qur'an:

يأيّها النّاس إنا خلقناكم من ذكر وأنثى وجعلناكم شعوبا وقبائل لتعارفوا إن أكرمكم عند الله أتقاكم إن الله عليم خبير

Allah menciptakan bermacam-macam kelompok masyarakat dan mereka diharapkan saling mengenal satu sama lain. Dengan berbeda dari yang lain, kita dapat menikmati keindahan dan keajaiban cpitaan Allah di dunia ini. Artinya, bahwa kita dapat mempertimbangkan dan merenungkan indahnya kehidupan.

Jika seandainya semua orang hitam…..

Seandainya semua orang panjang……

Seandainya semua orang wanita…..

Seandainya semua orang berbicara dengan satu bahasa….

Seandainya seluruh dunia mempunyai satu dan perpetaan yang sama…..

Jika dua pulu empat jam sehari semuanya siang atau seluruhnya malam…

Jika semua alat transportasi dalam bentuk yang sama….

Jika manusia secara anatomis dalam bentuk yang sama….

Jika masyarakat berada dalam profesi dan keahlian yang sama….

Jika setiap orang cukup arif untuk mengetahui sesuatu……

Jika ciptaan-ciptaan Allah yang indah di alam semesta berada dalam keadaan yang sama dan macam yang sama….

Maka betapa tidak menariknya kehidupan di tempat orang hidup!.

Kehidupan menjadi tak berharga, tidak berguna, dan tidak ada harapan.

Allah mendorong setiap muslim untuk menimbang- nimbang, berfikir, merenung, dan untuk berinteraksi dengan semesta alam dalam upaya untuk menikmati indahnya ciptaan Allah. Al-Qur'an menyatakan sebagai berikut :

إن فى خلق السموات والأرض واختلاف الليل والنهار لآيت لأولى الألباب الذين يذكرون الله قياما وقعودا وعلى جنوبهم ويتفكرون فى خلق السموات والأرض ربنا ماخلقت باطلا سبحانك فقنا عذاب النار

"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan perbedaan malam dan siang adalah tanda-tanda (Kekuasaan-Nya) bagi ornag-orang yang berfikir. mereka yang mengingat Allah, dengan berdiri, duduk, dan berbaring serta memikirkan penciptaan langit dan bumi .(Dan berkata): Tuhan kami ! Engkau tidak menciptakan ini sia-sia. Maha Suci Engkau, dan lindungilah kami dari siksa api neraka.

(3:190-191)

Orang-orang islam percaya akan adanya perbedaan pendapat. Pada waktu yang sama mereka tidak mengakui akan perselisihan yang mengarah pada perpecahan dan bencana. Secara histories, umat islam mempunyai empat madzhab. Dan dapat dikatakan bahwa perbedaan-perbedaan diantara imam madzhab tersebut adalah rahmat bagi umat islam. Artinya, bahwa umat islam akan terus hidup, lebih dinamis, dan menjadi umat yang hidup dalam ajaran-ajaran islam.

Saudara-saudara sekalian, Sesama muslim

Terakhir tapi tak kalah pentingya, motto umat islam seluruh dunia adalah:

واعتصموا بحبل الله جميعا ولاتفرقوا

“Berpegang teguhlah kamu sekalian dengan tali Allah dan Jangan berpecah belah”

Hendaknya Umat Islam berjuang di jalan Allah dengan tetap bersatu dan saling mendukung satu dengan lainnya. Dengan bersatu umat Islam yang mayoritas dengan pengikut yang banyak akan dapat mengalahkan musuh-musuhnya.

Akhir dari ungkapan dan pidato saya,

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

PERANAN WANITA DALAM PEMBANGUNAN

السلام عليكم ورحمه الله وبـركاتـه

الحمد لله رب العالمين وبه نستعين على امور الدنيا والصلاة والسلام على اشراف الانبياء والمرسلين وعلي اله وصحبه اجمعين اما بعد فقال الله تعالى في كتابه الكريم اعود بالله من الشيطان الرجيم والمؤمنون والمؤمنات بعضهم اولياء بعض يامرون بالمعروف وينهون عن المنكر الاية

Penghormatan

Puji syukur

Sholawat Salam

Pertama-tama marilah kita memuji kehadirat Ilahi Robi yang telah memberikan banyak sekali kenikmatan kepada kita, sehingga pada kesempatan kali ini saya diperkenankan hadir di sini di arena lomba pidato Bahasa Indonesia tingkat SMP/MTs sewilayah Kota Kediri di Madrasah Aliyah Al-Mahrusiyyah Lirboyo Kota Kediri, dalam kondisi sehat walafiat, amin Allahumma amin. Shalawat serta salam tak lupa kita sanjungkan kepada Baginda Rosulullah SAW, yang telah membawa umat manusia dari peradaban jahiliah menuju peradaban Islamiah dengan segala nuansa ilmu pengetahuan yang terus berkembang..

Hadirin, Hadirot yang berbahagia .

Perkenankanlah saya berdiri di hadapan Sodara-sodara untuk menyampaikan sedikit materi tentang

PERANAN KAUM WANITA DALAM PEMBANGUNAN

Sodara tentu sudah mengenal siapa Raden Ajeng Kartini, tokoh wanita Indonesia yang telah memperjuangkan kaumnya dari keterbelakangan pada masa penjajahan dulu. Sodara juga tentu sangat mengenal Ibu Dewi Sartika tokoh yang menjadi penerus perjuangan Ibu kita kartini. Bahkan pada abad modern ini Kartini-kartini muda bermunculan di mana-mana seakan-akan tak mau ketinggalan mengikuti jejak para pionirnya. Diantara mereka ada yang menjadi pengusaha, arsitek, bupati, menteri, bahkan presiden sekalipun.. Presiden Indonesia sekarang kan wanita, tul apa betul? Sebagai kaum wanita tentu saya merasa sangat bangga, karena wanita Indonesia telah mampu berkarir dan bersuara sampai ke manca negara. Ini patut kita syukuri. Andaikata Ibu Kartini masih hidup tentu beliau akan tersenyum bangga menyaksikan kaumnya telah mengalami perubahan yang sangat pesat. Karena pada masa Ibu Kartini peranan wanita tidak jauh dari SDK (Sumur-Dapur-dan Kasur) atau istilah yang lebih populernya adalah 3 M (Masak-Macak-Manak) iki jarene mbahku lho.

Lalu apakah kita sudah merasa puas dan menepuk dada atas keberhasilan kaum wanita Indonesia? O......jangan dulu....ini belum waktunya bertepuk tangan dan bersorak-sorai. Mengapa demikian? Coba kalian tengok ke belakang. Betapa banyak permasalahan wanita yang sampai saat ini masih jlimet laksana benang kusut. Fakta membuktikan bahwa masalah pembunuhan, penganiayaan, pelecehan seksual, masalah ketenagakerjaan, dsb korbannya lebih banyak menimpa kaum perempuan. Mengapa bisa terjadi seperti itu? Ini yang harus diperhatikan oleh kaum wanita. Kalau saya boleh menganalisa sepertinya bencana demi bencana yang menimpa kaum wanita mungkin akibat dari kurang bijaksananya kaum wanita dalam menyikapi makna emansipasi wanita. Ada wanita yang mengartikan emansipasi berarti penyamaan secara bulat dengan kaum pria tanpa memandang kodratnya. Pandangan semacam ini akan mengesahkan wanita menjadi tukang becak, tukang kuli bangunan, tukang pandai besi, dan pekerjaan-pekerjaan kasar lainnya. Ini jelas-jelas melecehkan kaum wanita. Karena tidak sesuai dengan kodratnya. Menurut pandangan ini pula, wanita boleh berpoliandri seperti halnya diperbolehkannya kaum pria berpoligami. Bayangkan ada seorang wanita bersuami empat, gimana ya jadinya? Ini hanya akan membawa kaum perempuan kepada peradaban yang lebih melecehkan.

Para Hadirin yang berbahagia

Islam telah mengatur dan menempatkan wanita sesuai dengan kodrat dan martabatnya. Wanita boleh bergerak dalam bidang apa saja termasuk bidang sosial, politik, hukum, agama, pendidikan, dsb. Dalam bidang sosial dan hukum kewarganegaraan misalnya, Al-Qur’an mengungkapkannya dengan tegas dan jelas sebagaimana termaktub dalam Surat Al-Hujurot, ayat 13. Dalam Surat Al-Baqoroh, ayat 282 Allah SWT berfirman;

والمؤمنون والمؤمنات بعضهم اولياء بعض يامرون بالمعروف وينهون عن المنكر الاية

Artinya; Dan orang-orang yang beriman,laki-laki dan perempuan, sebagian mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf dan mencegah yang mungkar.

Hadirin yang mulia

Sekalipun Islam memberi keleluasaan kepada kaum wanita dalam segala bidang, tetapi Islam tetap memberi batasan-batasan tertentu yang tidak boleh diabaikan oleh kaum wanita. Sekali saja batasan itu dilanggar, akan berakibat fatal bagi wanita. Karena secara kodrati wanita berbeda dengan pria. Sayangnya banyak kaum wanita yang kurang memperhatikan batasan-batasan itu sehingga seringkali terjadi akibat buruk yang menimpa kaum wanita.

Maka melalui mimbar ini saya ingin mengajak kepada kaum wanita, marilah kita kembali pada konsep Islam, yang telah menempatkan kita pada harkat dan martabat yang mulia yang akan diridloi Allah SWT. Demikianlah yang bisa saya sampaikan. Ada kurang dan lebihnya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

والله الموفق إلى أقوم الطريق

والسلام عليكم ورحمه الله وبركته

السلام عليكم ورحمةالله وبركاته

بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله رب العالمين والعاقبة للمتقين فلاعدوان الاعلى الظالمين. والصلاة والسلام على اشرف الأنبياء والمرسلين وعلى ءاله وصحبه ومن تبعهم الى يوم الدين. امابعد

Penghormatan

Pembukaan

Saudara-saudara kaum muslimin yang terhormat!

Apabila kita berbicara tentang kaum muda. Kita sering dapati dalam banyak artikel (tulisan) dan kita sendiri bahkan menyaksikan peran partisipasi pemuda yang besar membangun, menyumbang, dan mendukung perkembangan bangsa. Mereka adalah harapan bangsa yang akan berjuang demi masa depan negara yang lebih cerah. Demikian juga mereka dalam waktu yang sama merupakan harapan Islam yang akan berjuang demi ajaran Islam di hari esok, yang akan mempertahankan undang-undang Islam, yang akan melindungi generasi Islam secara luas dari pengaruh gaya hidup barat yang merusak, yang akan menjadi seorang pemimpin pada masa selanjutnya. Hal ini diteriakkan seperti :”Sekarang seorang pemuda, besok akan menjadi pemimpin”. Pernyataan ini mendorong kita untuk memperhatikan eksistensinya di masa datang dengan mengetahui semua fakta, kita sadar, betapa penting peran pemuda untuk masa depan. Pemuda dianggap melambangkan semangat yang tidak pernah redup…..Pemuda melambangkan kekuatan yang tidak pernah hancur. Karena alasan ini presiden pertama, Soekarno suatu ketika pernah berkata:”BERIKAN KEPADAKU SEPULUH PEMUDA AKAN KUGONCANGKAN DUNIA”. Dari pernyataan ini kita dapat menyimpulkan bahwa Soekarno lebih menghargai pemuda ketimbang orang tua. Mengapa? Karena mereka memainkan peranan yang jitu dan mempunyai potensi serta energi besar yang dapat dibanggakan.

Karena itulah, agama kita menganjurkan agar kita menjadi seorang pemimipin islam yang fleksibel bagi masyarakat yang pada akhirnya harus mempersembahkan sumbangan bagi perkembangan masyarakat Islam secara luas. Ironisnya, di era yang canggih ini kita menyaksikan perbuatan kaum muda selalu bertentangan dengan hukum-hukum Islam. Kita memperhatikan saudara-saudara kita kaum muslim di negara kita berperilaku buruk dan mereka dengan sengaja menghindari ajaran Islam dan mengikuti budaya barat. Kita tidak dapat membayangkan dan menggambarkan apa yang bakal terjadi di masa datang jika semua kaum muda tidak memperhatikan tanggung jawab ini. Kita harus sadar bahwa tanggung jawab membangun bangsa dan menegakkan agama bergantung pada kita. Dengan beberapa pertimbangan itu harus kita begitu hati-hati terhadap kebudayaan barat yang merusak yang akan mewarnai ajaran Islam.

والله الموافق إلى أقوام الطريق

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

الحمد لله الذى أنعمنا بنعمة الإيمان والإسلام والصلاة والسلام على سيدنا محمد سيد العرب والعجم وعلى ءاله وأصحابه الذين نالواالدرجات العلى بالإحسان أما بعد

PENGHORMATAN

Puji syukur wonten ngarso dalem Alloh SWT, denepunopo wonten kesempatan puniko, kito saget maa kempal kaanti ginanjar karto raharjo mboten maanggihi alangan satunggal punopo.

Pramilo monggo kito ikraraken kanti wahosan Alhamdu lillaahirobbil Aalamiin.

Sholawat soho salam mugiyo katuraken dumateng junjungan kito Nabi agung Muhammad Saw engkang sanggup paring syafa’at mboten pandang sugih mboten pandang mlarat mbohiku rakyat utowo pejabat sing penting manut dating syari’at.

Aamin Allohuma Amin

Para rawuh hengkang kinormatan. Panjenenganiipun sayyidina Ali Karomallohuwajhah dawuh:

علموا أولادكم فإنهم سيعيشوا زمانا ليس فى زمانكم

Engkangartosipun: siro kabeh podo mulango marang anak-anakmu, kerana anak-anak mau bakal urip ing suwijine zaman kang ora podo karo zamanmu.

Milo sakingpuniko kito kedah mangertosi antawisipun sejatine urip lan urip kang sejati. Sejatine urip inggih puniko namung palilah kang kuwoso kanggo nyubo umat manungso, sehinggo ono sing tumindak durhoko ngelakoni duso angkoro murko nentang syari’at agomo ananging yo ono sing tumindak becik taat agomo nderek tuntunane wali songo.

Dene urip sejati inggih puniko sifat manungso kang terpuji, nyuwiji marang gusti kang murbeng dummandi, jejak paningale suco,alus tumindake rogo tur apik marang sepodo-podo contone permadi janoko.

Poro rawuh ingkang minulyo.

Pondok pesantren punikono minongko pabrik ingkang memproduk putro sholeh sholihah, pikantuk ilmu manfa’at sehingga waged bekti dumateng tiyang sepah. Kaadosdawuhipun Rosululloh Saw:

إذامات ابن ءادم انقطع عمله إلا من ثلاث صدقة جارية أو علم ينتفع به أوولد صالح يدعوله

Anak adam jeneng manungso iku kapan sedo sedoyo amaliahi pun putus kejawi tigang perkawis. (setunggal) amal jariah, (kaping kalihipun) ilmu manfa’at, (kaping tigo) inggih puniko putro ingkang sholeh engkang purun dungaken dumateng tiyang sepahipun.

Duh senege duwe anak biso ngaji

Wong tuane-wong tua melu aji

Nong dunyone-nong donyone urip pembejaji

Akherate-akherate entok gaji

Duh mareme duwe anak sholeh sholehah

Wong tuwane-wong tuane atine bungah

Nongdonyone wong tuane derajate munggah

Akherate-akherate nekmate tambah

Cekap semanten, sedoyo lepat nyuwun ngapunten.

وبالله التوفيق والهداية والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

الحمد لله رب العالمين وبه نستعين على أمور الدنيا والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين وعلى ءاله وصحبه أجمعين أما بعد. فقال الله تعالى فى كتابه الكريم أعوذ بالله من الشيطان الرجيم قالوا سبحانك لاعلم لنا إلا ما علمتنا إنك أنت العليم الحكيم الأية

PENGHORMATAN

Pertama-tama marilah kita memuji kehadirot Ilahi Robbi yang telah memberikan banyak sekali kenikmatan kepada kita sehingga kita dapat hadir dan bertatap muka di sini. Shalawat dan salam tak lupa kita sanjungkan kepada Baginda Rosulullah SAW yang telah membawa umat manusia dari peradaban jahiliyah menuju peradapan Islamiyah dengan segala nuansa ilmu pengetahuan yang terus berkembang.

Hadirin Rohimakumullah

Allah SWT berfirman:

وما خلقت الجن والإنس إلا ليعبدون

“Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepadaKu”

Sudahlah jelas bahwa misi Allah menjadikan manusia untuk beribadah, kapan dan di mana saja kita berada. Semestinya kita dalam beribadah pada Allah harus konsisten, tidak musim-musiman, ketika rakyat, beribadah!, setelah menjadi pejabat tetap beribadah, ketika mlarat ibadah tetap kontinyu, setelah menjadi konglomerat kita tetap tekun beribadah. Kalau kita punya prinsip demikian Insya Allah hidup kita tenang, orang lain akan senang, Allah dan rosul pun akan saying. Akhirnya kita mendapatkan Ridlo Allah SWT. Allahummaa Ami….n.

Tapi menjalankan semua itu sangat sulit teman-teman, coba kita buktikan! Mayoritas penduduk di Indonesia beragama Islam betul?! Termasuk hadirin semua apakah hadirin semua sudah sholat? Sempatkah hadirin untuk beribadah, membaca Al Qur’an, berdzikir kalau saat itu acara TV oke dengan selera hadirin atau saat itu ada acara pentas goyang Inul di daerah hadirin, saya yakin ibadah di nomor duakan dan goyang Inul dinomor satukan betul???, itulah zaman sekarang hadirin sekalian ibadah muslimin-muslimat tidak standar dengan ketentuan Allah. Mungkin hal itulau one of signals last day atau salah satu tanda-tanda kiamat akan tiba, Apakah kita tidak takut? Kalau kiamat tiba, kalau takut, tentunya kita sadar Siapa yang menciptakan kita dan untuk apa kita diciptakan?. Ingatlah hadirin!!! Bahwa kesempatan hidup di dunia hanya satu kali. Oleh karena itu mari kita konsep diri kita, kita perbaiki kinerja ibadah kita kepada yang kuasa dengan meningkatkan nilai taqwa dan iman kita.

Hadirin yang berbahagia

Kiranya cukup sekian pidato dari saya atas segala perhatian dan mohon maaf atas segala kesalahan.

Memang cabai rasanya pedas

Namun selalu dibutuhkan

Memang hati belumlah puas

Namun waktu tak mengizinkan

Akhirul kalam

والله الموافق إلى أقوام الطريق والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

LETAK PENTINGNYA AL-QUR’AN

السلام عليكم ورحمة الله وتركا ته

بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله رب العالمين وبه نستعبن على أمورالدنيا والدين والصلاة والسلام على أشرف المرسلين وعلى أله وصحبه أجمعين.أما بعد فقال الله تعالى فى كتابه الكريم :انا نحن نزلنا القرءان هدى وانا له لحفظون.

Al quran adalah kitab suci orang-orang islam. Ia di wahyukan kepada Nabi Muhammad Saw melalui malaikat jibril untuk menghantar ummat manusia, khususnya umat Islam, ke jalan yang lurus.

Sebenarnya manusia dapat berbuat sesuatu dengan benar berkat kemampuanya sendiri, karena dia telah diberi panca indra dan otak. Tetapi, walaupun mereka berusaha untuk memberi petunjuk kepada manusia menuju keputusan yang benar, suatu ketika mereka akan mengalami salah. Karena alasan ini, petunjuk Allah SWT, Al qur’an selalu dibutuhkan. Karena itu, setiap muslim laki dan perempuan harus membacanya setiap hari dan petang, paling tidak, sekali setelah shalat lima waktu.

Karena ia diwahyukan pada bulan ramadlan, khususnya, pada suatu malam yang istimewa yang dikenal dengan “LAILATUL QODAR”, maka bulan ramadlan secara luas disebut bulan alquran. Malam istimewa yang disebut lailatul qodar ini, dikisahkan dalam al qur’an sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Lukisan atau gambaran yang indah ini menunjukkan pada kita akan penting dan istimewanya al quraan diatas kitab suci lainnya.

Disebutkan dalam sunnah nabi, bahwa membaca alquran itu sendiri merupakan ibadah yang paling baik dimana seorang muslim yang membacanya akan mendapat pahala yang besar dan menjadi dekat dengan Allah.

Hadirin yang berbahagia

Nabi kita Muhammad SAW menceritakan dalam banyak contoh yang lain tentang besarnya pahala yang diterima dari membaca Al-Quran. Beliau menunjukkan bahwa membaca surat pendek seperti Al-ikhlas mendapat pahala yang berlimpah. Beliau bersabda bahwa dalam surat Al-Ikhlas bernilai (sama seperti)sepertiga Al-quran, yang berarti bahwa membacanya tiga kali adalah sama dengan membaca seluruh Al-quran.

Nabi Muhammad SAW menganjurkan kepada setiap muslim untuk membacanya dan selalu berpegang kepadany setiap saat, Rosulullah SAW bersabda, "Al-Qur'an adalah jamuan Allah, maka ambilah dari jamuan Allah semampumu".

Kitab suci Al-Qur'an tidak disusun secara sistematis, ia juga disajikan secara singkat, maka dari itu, setiap muslim harus mempertimbangkannya,

merenungkan, memikirkan,menerjeemahkan dan melaksanakan isinya kedlam kehidupan sehari-hari sebagai makhluk individu atau sebagai anggota masyarakat.

Hadirn yang berbahagia

Cukup sekian pidato dari saya,kurang lebihnya mohon maaf

والله الموافق إلى أقوام الطريق والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ar-Rohman

السلام عليكم ورحمة الله وتركا ته

بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله رب العالمين وبه نستعبن على أمورالدنيا والدين والصلاة والسلام على أشرف المرسلين وعلى أله وصحبه أجمعين.أما بعد فقال الله تعالى فى كتابه الكريم :انا نحن نزلنا القرءان هدى وانا له لحفظون .

PENGHORMATAN

PUJI SYUKUR

SHOLAWAT DAN SALAM

HADIRIN YANG BERBAHAGIA

Seandainya manusia mampu mengunakan akal pikirannya dengan sempurna,bisa jadi semua manusia akan mencapai derajat malaikat dalam hal takut dan taat kepada Alloh SWT. Alloh sendiri telah menegaskan dala Al-Quran,sesungguhnya yang takut kepada Alloh diantara hamba-hamba –Nya,hanyalah ulama,jadi sudah ulamalah orang-orang yang mampu terus – menerus menyempurnakan cara berpikirnya, sehingga memiliki kesanggupan untuk membaca dan menguak tabir hikmah dari tanda-tanda kekuasaan Alloh.sehingga beliau menjadi ahli pikir sekaligus ahli dzikir dan terus berusaha mengenal serta mendekati Alloh yang maha bijaksana.

Sayangnya,kelemahan dominan yang dimiliki kita adalah tumpulnya pikiran karena diselimuti hawa nafsu.sudah jelas bahwa ketumpulan pikiran akan menjauhkan seseorang dari berfikir baik dan benar.bila ini menimpa seseorang,maka qolbu ,satu-satunya perangkat yang sangat efektif untuk mengendalikan seluruh tubuh dhohir dan batin,akan tercemari pula dengan segala macam penyakit. Semoga kita tergolong orang yang terpelihara dari kebodohan dan kesesatan karena memperturutkan hawa nafsu.siapapun ingin bersungguh-sungguh ingin mengenal Alloh, maka ia pun akan bersungguh-sungguhberikhtiar agar dirinya dapat menggunakan akal pikiran dengan tepat,sehinggga mampu membaca hikmah tanda-tanda kekuasaan Alloh.

Alloh selalu menebarkan aneka hikmah yang sangat mengesankan dibalik semua kejadian yang mampu dilihat,didengar dan dirasakan oleh setiap manusia,masalahnya mampukah kita menangkap hikmah-hikmah tersebut ? merenungkan setiap kejadian di alam ini adalah kuncinya.lihatlah kesekeliling kita,betapa banyak keagungan Alloh yang bisa kita lihat.alloh menurunkan hujan,air hujan kemudian diserap tanah .dan dari tanah itu muncul beraneka ragam tumbuhan.kita bisa merenung,hujan sama,tanahnya sama,tapi mengapa bisa muncul tumbuhan yang berbeda-beda tengoklah pula kedalam tubuh kita, bukankah tubuh yang sempurna ini berasal dari setetes air hina ? Alloh maha kuasa mengubah air hina menjadi sebuah tubuh yang indah melalui proses yang teramat rumit.sungguh maha besar Alloh yang menyampaikan firman-Nya

“Alloh pencipta langit dan bumi,dan bila ia berkehendak (untuk menciptakan sesuatu),maka cukuplah Dia mengatakan kepadanya “jadilah” lalu jadilah ia”.

Ketika bercermin, apakah pikiran kita jalan ? tidak sekedar asyik memetut-matut diri,lalu terpesona dan bangga dengan kesempurnaan paras kita.lihatlah rambut dan alis.bukankah keduanya tumbuh dari bahan yang sama? Tetapi mengapa rambut tumbuh begitu cepat dikepala,sedangkan alis tidak ?padahal tidak ada progam yang mengatur kecepatan tumbuh keduanya,padahal jarak keduanyapun begitu dekat.

seharusnya relung-relung keimanan kita bergetar dan terpesona melihat fenomena ini.hanya oran-orang yang tidak menggunakan akal pikiran saja yang melihat alis

Berfikir Menambah Iman

السلام عليكم ورحمة الله وتركا ته

بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله رب العالمين وبه نستعبن على أمورالدنيا والدين والصلاة والسلام على أشرف المرسلين وعلى أله وصحبه أجمعين.أما بعد فقال الله تعالى فى كتابه الكريم :انا نحن نزلنا القرءان هدى وانا له لحفظون.

PENGHORMATAN

PUJI SYUKUR

SHOLAWAT DAN SALAM

HADIRIN YANG BERBAHAGIA

Seandainya manusia mampu mengunakan akal pikirannya dengan sempurna,bisa jadi semua manusia akan mencapai derajat malaikat dalam hal takut dan taat kepada Alloh SWT. Alloh sendiri telah menegaskan dala Al-Quran,sesungguhnya yang takut kepada Alloh diantara hamba-hamba –Nya,hanyalah ulama,jadi sudah ulamalah orang-orang yang mampu terus – menerus menyempurnakan cara berpikirnya, sehingga memiliki kesanggupan untuk membaca dan menguak tabir hikmah dari tanda-tanda kekuasaan Alloh.sehingga beliau menjadi ahli pikir sekaligus ahli dzikir dan terus berusaha mengenal serta mendekati Alloh yang maha bijaksana.

Sayangnya,kelemahan dominan yang dimiliki kita adalah tumpulnya pikiran karena diselimuti hawa nafsu.sudah jelas bahwa ketumpulan pikiran akan menjauhkan seseorang dari berfikir baik dan benar.bila ini menimpa seseorang,maka qolbu ,satu-satunya perangkat yang sangat efektif untuk mengendalikan seluruh tubuh dhohir dan batin,akan tercemari pula dengan segala macam penyakit. Semoga kita tergolong orang yang terpelihara dari kebodohan dan kesesatan karena memperturutkan hawa nafsu.siapapun ingin bersungguh-sungguh ingin mengenal Alloh, maka ia pun akan bersungguh-sungguhberikhtiar agar dirinya dapat menggunakan akal pikiran dengan tepat,sehinggga mampu membaca hikmah tanda-tanda kekuasaan Alloh.

Alloh selalu menebarkan aneka hikmah yang sangat mengesankan dibalik semua kejadian yang mampu dilihat,didengar dan dirasakan oleh setiap manusia,masalahnya mampukah kita menangkap hikmah-hikmah tersebut ? merenungkan setiap kejadian di alam ini adalah kuncinya.lihatlah kesekeliling kita,betapa banyak keagungan Alloh yang bisa kita lihat.alloh menurunkan hujan,air hujan kemudian diserap tanah .dan dari tanah itu muncul beraneka ragam tumbuhan.kita bisa merenung,hujan sama,tanahnya sama,tapi mengapa bisa muncul tumbuhan yang berbeda-beda tengoklah pula kedalam tubuh kita, bukankah tubuh yang sempurna ini berasal dari setetes air hina ? Alloh maha kuasa mengubah air hina menjadi sebuah tubuh yang indah melalui proses yang teramat rumit.sungguh maha besar Alloh yang menyampaikan firman-Nya

“Alloh pencipta langit dan bumi,dan bila ia berkehendak (untuk menciptakan sesuatu),msks cukuplah Dia mengatakan kepadanya “jadilah” lalu jadilah ia”.

Ketika bercermin, apakah pikiran kita jalan ? tidak sekedar asyik memetut-matut diri,lalu terpesona dan bangga dengan kesempurnaan paras kita.lihatlah rambut dan alis.bukankah keduanya tumbuh dari bahan yang sama? Tetapi mengapa rambut tumbuh begitu cepat dikepala,sedangkan alis tidak ?padahal tidak ada progam yang mengatur kecepatan tumbuh keduanya,padahal jarak keduanyapun begitu dekat.

seharusnya relung-relung keimanan kita bergetar dan terpesona melihat fenomena ini.hanya oran-orang yang tidak menggunakan akal pikiran saja yang melihat alis sendiri dengan perasaan biasa-biasasaja.bahkan kufur nikmat dengan mencukur habis alis sendiri karena kekurangpuasan.

Sementara itu, kita mugkin sudah sangat biasa ketika melihat kulit sendiri berwarana cokelat,sementara tetangga sebelah berkulit hitam legam.ketika masuk toko,ternyata ada orang cina berkulit kuning langsat dan bermata sipit,ataupun kita melihat orang barat dengan kulit putih dan bule.

Akan tetepi mengapa mesti berbeda kulit,tapi darah kita dan darah mereka sama-sama berwarna merah ? wajarkah seseorangmengaku derajatnya lebih tinggi dari yang lain,hanya karena perbedaan warna kulit,bangsa,atau keturunan ? bila kita mau berpikir,tak terbantah lagi bahwa manusia itu hakikatnya sama.orang beriman tentu yaqin bahwa keimanan dan ketqwaan sajalah yang membedakan satu sama lain.sungguh hanyalah Alloh-lah satu-satunya pencipta yang paling baik,karana itu,semua kenikmatan yang berbuah takut dan harap yang dirasakan hamba-Nya akan dapat termanifestasikan manakah ia mampu menggunakan akal pikirannya secara benar.tidak hanya menyiasati hidup di dunia saja,tetapi juga untuk memikirkan semua fenomena yang bisa mengantarkan kita untuk makin dekat dengan Alloh SWT.

والله الموافق إلى أقوام الطريق والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

السلام عليكم ورحمة الله وتركا ته

بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله رب العالمين وبه نستعبن على أمورالدنيا والدين والصلاة والسلام على أشرف المرسلين وعلى أله وصحبه أجمعين.أما بعد فقال الله تعالى فى كتابه الكريم :

Hadirin yang berbahagia

Berdoa ialah suatu kebutuhan rohaniyah yang diperlukan dalm kehidupan ini, lebih-lbih tatkala ditimpa kesusahan, kesulitan dan malapetaka.kebanyakan manusia,baru berdoa kepada Alloh apabila mendapat kesusahan atau ditimpa bencana.apabila keadaan sucah tenang atau mendapat nikmat,dial alai tidak berdoa dan bersyukur.disangka nikmat itu adalah hasil jerih payah sendiri.padahal tanpa inayah (pertolongan)Alloh,dia tidak akan mengeyam nikmat itu,sikap jiwa yang demikkian tidak baik.dia hanya mempergunakan doa itu sebagai tempat lari untuk mempero0leh jalan keluar dari kesulitan yang menimpanya.sikap dan sifat itu rupanya telah menjadi tabiat manusia. sebagaimana firman Alloh;

“apabila kami berikan nikmat kepada manusia,dia memalingkan diri dan berlaku sombong,tetapi apabila bahaya dating menimpanya,dia berdoa panjang lebar”, (QS Fushilat :51 )

Sikap seorang mukmin haruslah berdoa baik diwaktu senang dan tenang maupn diwaktu duka dan hina.doa merupakan pokok atau dari dari berbagai ibadah.sebagaimana sabda rosululloh SAW

“doa itu pokok (inti) ibadah”.

Karena pentingnya peran doa dalam segala macam ibadah,maka berdoa tentunya hanya dihadapkan kepada Alloh SWT semata tidak kepada selain-Nya.

السلام عليكم ورحمة الله وتركا ته

بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله رب العالمين وبه نستعبن على أمورالدنيا والدين والصلاة والسلام على أشرف المرسلين وعلى أله وصحبه أجمعين.أما بعد فقال الله تعالى فى كتابه الكريم :انا نحن نزلنا القرءان هدى وانا له لحفظون.

Dumateng Romo KH. Ma'roef Zainudin serta Ny. Hj. Aina Ainaul Mardliyah yang selalu kami tho’ati dan ta’dzimi.

Dewan asatidz dan asatidzah PP. Arrisalah yang kami hormati

Serta teman-teman yang kami sayangi

Penghormatan

Sholawat dan salam

Hadlirin hadlirot yang berbahagia

Di bulan yang hampir kita lalui adalah bulan terakhir dalam penanggalan Islam, dan bulan yang akan membahagiakan segenap fakir dan miskin serta bulan yang akan bertangis mereka yang selama satu tahun melaksanakan segenap dosa dan menuruti segala langkah nafsu yang kita tenggelam bersamanya serta bulan haji bagi mereka yang mampu melaksanakannya.

Di bulan ini mereka orang yang mapan hidupnya disunnahkan untuk melaksanakan kurban. Kurban ini adalah ajaran Islam yang mengajarkan agar kita bertenggang rasa yang tinggi antar sesama, dengan menyembelih kurban dan membagi-bagikannya kepada faqir miskin.

Hadirin Yang Berbahagia

Ibadah qurban dalam Islam tak sama halnya denagan upacara-upacara ritual di luar Islam, dimana mareka mempersembahkannya kepada Tuhannya. Namun dalam Islam tak sedikitpun daging qurban diberikan kepada Tuhan.Firman Allah dalam surat Al-Hajj ayat 37:

لَنْ يَنَالَ اللهَ لُحُوْمُهَا وََلادِمَاؤُهَاوَلَكِنْ يَنَالَهُ التَّقْوَىٰ مِنْكُمْ

Artinya:”Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak mencapai (keridloan) Allah, tetapi ketaqwaan dari kamulah yang dapat mencapainya .”

Kedatangan risalah qurban dalm islam ke dunia adalah untuk mengubah cara dan metode qurban yang berlangsung dan sebagai ajaran yang penuh makna. Dalam masalah kurban ini masih terngiang oleh pikiran kita bahwa itu berasal dan bermula dari Nabi Ibrahim yang hendak berkurban anaknya,Karena beliau meminta kepada Allah agar memberinya seorang anak meski dia harus mengorbannya jika anaknya tersebut jika beranjak dewasa. Setelah anaknya,Isma’il beranjak dewasa, Allah menagih hutang Nabi Ibrahim dan menguji keimanannya kepadaNya.

Di suatu malam beliau bermimpi untuk menyembelih anaknya yang amat ia sayangi dan ia cintai.Setelah keesokan harinya mimpi tersebut di ceritakan kepada anaknya.”Ya abi, jika itu memang perintah tuhanku robbi,laksanakanlah!jangan ragu-ragu semoga kita semua termasuk orang yang sholih dan ta’at kepadaNya”.Jawab Nabi Isma’il. Inilah jawaban yang menakjubkan dan mengagumkan karena seumpama kita ditanya seperti Nabi Isma’il jawabnya bagaimana? Dilaksanakanlah perintah suci tersebut keesokan harinya tanpa sepengetahuan ibunya,Siti Hajar.Setelah sampai di tengah perjalanan mereka berdua bertemu dengan musuh utama iblis yang amat kita benci,ia berkata:”hai Ibrohim apa kau sudah gila,anak yang paling kau sayangi akan kau bunuh sendiri?tega benar kamu”.Mendengar kata itu beliau tak menghiraukan namun dijawab dengan lemparan batu beberapa kali hingga ia lari terbirit-birit.Lalu iblis mencoba menggoda Isma’il yang masih nampak mungil dan ganteng seperti aku ini namun ia juga berwatak sama seperti ayahnya dan ia dilempar batu hingga lari,namun dasar iblis yang tak tahu diuntung itu mencoba menggoda istri nabi Ibrohim dan jawabannya sama.Setelah sampai di tempat yang ditentukan mulailah beliau menutup segala mata,baik mata hati dan perasaan yang selalu tak terbayang seumpama yang melakukan itu kita.namun berkat ketabahan, kesabaran serta keikhlasannya kemudian Allah menggantinya dengan hewan berkaki empat adalah sindiran pada zaman itu, agar pelaksanaan qurban yyidakmembawa derita pada manusia.Kisah yang dapat kita ambil kesimpulan adalah kita diperintah untuk sabar dan tabah untuk setiap cobaan yang menerpa kita.sebagaimana yang telah dinadzomkan oleh orang yang anda kenal dan mungkin anda sayangi meski tak berani mengucapkannya:

تُصِيْبُ ِالَيَّ بِكُلِّ الصَّاۤ ئِبَة ÷كَرِّمْنِى يا الله فِى يَوْمِ السَّاعة

Artinya:Tuhanku,Kau telah memberiku berbagai cobaan,semoga kau mulyakan aku kelak di hari kiamat

Dan yang dapat kita ambil kesimpulan lagi bahwa kita diperintah untuk selalu berpaling dari musuh kita,iblis. Dan ketika ibadah haji kita diwajibkan untuk melempar jumroh sebagai isyarah kita pada melempar musuh kita yang paling kita benci, iblis.Semoga kita semua terhindar Amiin.

Hadirin hadlirot yang berbahagia

Inilah suatu kunjung hati yang hendak ku katakana kepada anda semua,semoga ada manfaat yang dapat kita ambil.dan mungkin ada sebuah kata yang tak berkenan di hati anda kami meminta ma’af.

وبالله التوفيق والهداية

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

ELING PATI

Ya Alloh gusti kulo nyuwon,

Saget gesang istiqomah

Ya Alloh gusti kulo nyuwon,

Mbenjing pejah khusnul khotimah

Urip iku ojo mongkar-mangkir,

Mung nuruti nepsuning piker

Opo siro ora kuatir,

Bakal ngadep monkar lan nakir

Yen mati bondo gak melu,

Bojo ayu bedjo sing nemu

Sing neng kuburan podo tangisan,

Sing neng ndonyo rebut warisan

MAWAS DIRI

Manungso urip ono ngalam dunyo

Seng asale enom njur dadi tuwo

Iku mertandane yen arep mlebu ngguwo

Mulo sing ngati-ngati kelawan waspodo

Ning dunyo sak wetoro ojo durhoko

Zaman isih enom rambute ireng

Bareng wes tuwo njur malih putih

Iku mertandane wis arep mulih

Mulo ngibadaho ojo kerono pamrih

Supoyo ditrimo dzat kang asih

MAWAS DIRI 2

Zaman isih enom kupinge ngrungu

Bareng wis tuwo banjur malik budge

Iku mertandani wis arep diidek-idek

Mulo ngibadah kudu sing jejeg

Sholat limo wektu dilakoni kanti ajeg

Zaman isih enom untue kuat

Bareng wis tuwo njur malik ompong

Iku mertandani wis arep mlebu ngorong

Mulo neng alam dunyo jo dadi wong sombong

Wong yen sombong ngamale bisi kobong

Zaman isih enom kulite alus

Bareng wis tuwo njur malik kisut

Iku mertandane mung arep mlebu bolongan ciut

Anggone maksiat ojo kebacut-bacut

REPOT SEMBAHYANG

Repote dadi wong dagang

Sholate digawe gampang

Opo maneh dagangane laris

Durung sholat ngakune wes

Repote dadi wong tani

Sholate kadang lali

Opo maneh wayahe tandur

Sholate diundur-undur

Repote wong ngarap sawah

Sholate sa’ wayah-wayah

Opo maneh wayahe panen

Sholate ora tau kopen

Repote wong dadi sopir

Sholate mondar-mandir

Opo maneh mburu penumpang

Sholate diogawe gampang

Repote wong anak-anak

Sholate ngenak-ngenak

Opo maneh anake nakal

Sholate terus ditinggal

Repote wong dagang buku

Sholate ora kawektu

Opo maneh bukune payu

Sholate mlayu-mlayu

TELU AMAL

Eling-eling awak siji

Bakal ngincipi ing pati

Suwan marang ngarso gusti

Alloh ingkang moho suci

Wogkang mati kabeh amal

Iku putus kanti total

Kejobo sing ora petal

Ono telu yen ditotal

Kang siji amal jariyah

Nyumbang masjid lan madrasah

Ganjaran terus sumambrah

Tumeko ing alam barzah

Ingkang nomer kalih ilmu

Kang dialap anak putu

Anak sholeh nomer telu

Kang bakal nyiram kuburmu

Mulo wongkang enduwni

Anak sholeh migunani

Tumeko mbesuk wes mati

Wong tuwo sih dielingi

Bedo yento anak musral

Sebab kemrosotan moral

Ing wong tuwo nggawe jengkel

Dituturi malah mbenggel

Poro sedulur podo ilingo

Anak kang wani wong tuwo

Dudu salahe wong liyo

Kang salah ibu lan bopo

Mulo anak ora ngaji

Ilmu agomo ora diisi

Ing dunyane nglaraake ati

Ing akherat ngrepati

ELING-ELING

Eling-eling siro manungso

Ngelingono anggomu sholat ngaji

Mumpung durung katekanan

Malaikat juru pati

Panggilane kang moho kuoso

Gelem ora bakal digowo

Disalini sandangan putih

Yen wis budal ora biso mulih

Tumpaane kereto jowo

Roda papat rupo manungso

Jujugane omah guwo

Tanpo bantal tanpo kloo

Omahe oraw ono lawnge

Turu dewe ora ono kancane

Ditutupi anjang-anjang

Diurug den siram kembang

Tonggo-tonggo podo nyambang

Tangise koyo wnog nembang

Yen ngaji arang-arang

Pertandane imane kurang

Luweh loro luweh susah

rasane wong ana neroko-neroko

kelbang kures kala jengking

kelabang geni ulo geni…..2x

godo geni rante geni

cawisane wong kang wani-wongkang wani

ing wani marang pangeran

gemampang dhawuh pangeran

luweh mulyo luweh mukti

rasane wong ono suwargo-ono suwargo

cinawisan wiodari,

pitung puluh punjul siji….2x

kasur babut den rendhani

cawisane wong kang bekti-wongkang bekti

ngabekti marang pangeran,

ngambuh dawuhe pangeran….2x

OJO DUMEH

Ojo dupeh ayu banjur do kemayu

Ojo dupeh ayu banjur do kemayu

Elingo tuwamu ompong peyote ora payu

Ayu yen ora mituhu mbesok bakal dibendu

Ojo dupeh bagus banjur do gemagus

Ojo dupeh bagus banjur do gemagus

Bagus yen ora adus ambune koyo wedus

Bagus yen ora sholat matine bakal dilandrat

Ojo dupeh pinter banjur do kepinter

Ojo dupeh pinter banjur do kepinter

Pinter yen ora bener,uripe bakal keblinger

Pinter yen ora bener,uripe bakal keblinger

Ojo dupeh gagah banjur kakean polah

Ojo dupeh gagah banjur kakean polah

Gagah ora ngibadah uripe bakal susah

Gagah ora ngibadah uripe bakal susah

Ojo dupeh sugih banjur do semugih

Ojo dupeh sugih banjur do semugih

Bondho iku mung nyilih mbesuk bakale muleh

Bondho iku mung nyilih mbesuk bakale muleh

Eman temen wong sugeh

Durung sembahyang….2 x

Nabi sulaiman sugih

Wis nglakoni sembahyang

Eman temen wong mlarat

Durung sembahyang ….2 x

Nabi Ayyub melarat

Wis ngelakoni sembahyang

Eman temen wong ganteng

Durung sembahyang ….2 x

Nabi yusuf ganteng

Wis ngelakoni sembahyang

Eman temen wong ayu

During sembahyang ….2 x

Siti Fatimah ayu

Wis ngelakoni sembahyang

SEKARAT PATI

Ojo siro banget-banget

Nggonmu bungah ono ndonyo

Malaikat juru pati

lirak-lirik maring siro

Nggone nglirik Malaikat

Arep njabut nyowo siro

Yen wes teko titi mongso

Kudu budal ra keno semoyo

Larane sekarat pati

Sewu loro dadi siji

Mergo urip podo lali

Maring tuntunan Agami

Ninggal Sholat ninggal ngaji

Mong ma`siat seng dilakuni

Mulo urip seng ati-ati

Tembe mburi ben ora rugi

Sopo wonge gelem iman,

Taat miring dawuh Pengeran

Uripe tukun semahyang

Ora lali nderes Al-Qur`an

Rino wengi seneng wiridan

Amal sunnah dadi pakulan

Lamun mati sekarate gampang

Ora kroso babar pisan.

TOMBO ATI

Tombo ati iku ono limang perkoro

Kaping pisan moco qur’an sak manane

Kaping pindho sholat wengi lakonono

Kaping telu wong kang sholeh kumpulono

Kaping papat weteng siro ingkang luwe

Kaping limo dzikir wengi ingkang suwe

Salah suwijining sopo biso anglokani

Insya lloh gusti pangeran ngijabahi